Jenis, Cara Identifikasi dan Kerusakan Mangrove di Indonesia

Jakarta - KeSEMaTONLINE. Menurut BAKOSURTANAL (2009), flora yang ditemukan pada ekosistem mangrove Indonesia lebih kurang 189 jenis dari 68 suku. Dari jumlah itu, 80 jenis diantaranya adalah berupa pohon, 24 jenis liana, 41 jenis herba, 41 jenis epifit, dan 3 jenis parasit (Noor, et al., 1995).

Jenis vegetasi halopit yang sesungguhnya dianggap vegetasi mangrove hanya sekitar 75 jenis. Jenis flora lainnya yang tumbuh bersama di area mangrove digolongkan kedalam kelompok "subsidiary" mangrove species yang dianggap sebagai "escape species." (Sukardjo, 1996).

Read more...

Daur Hidup Mangrove

Lombok - KeSEMaTONLINE. Menurut KKP (2003), untuk bisa bertahan dan berkembang menyebar di kondisi alam yang keras, jenis-jenis bakau sejati mempunyai cara yang khas, yaitu mekanisme reproduksi dengan buah yang disebut vivipar.

Cara berbiak vivipar adalah dengan menyiapkan bakal pohon (propagule) dari buah atau bijinya sebelum lepas dari pohon induk. Mangrove menghasilkan buah yang mengecambah, mengeluarkan akar sewaktu masih tergantung pada ranting pohon dan berada jauh di atas permukaan air laut.

Read more...

Cincin Kuning, Penanda Kematangan Buah Mangrove

Semarang - KeSEMaTONLINE. Apakah penanda sederhana yang menunjukkan bahwa buah Rhizophora telah matang dan siap untuk ditanam atau dibibitkan (?).

Penanda sederhana yang menunjukkan buah Rhizophora telah matang adalah munculnya Cincin Kuning (CK).

Apakah CK? CK tak lain dan tak bukan adalah sebutan lain untuk sebuah lingkaran berwarna kuning yang sering ditemukan pada kotiledon, disaat sudah matang.

CK menjadi penanda otomatis, bagi matangnya benih mangrove. Jika CK sudah “keluar,” maka benih mangrove bisa dipastikan siap untuk dibibitkan.

Read more...